Hari Kejepit, Puluhan Pegawai Negeri Bolos

Hari Kejepit, Puluhan Pegawai Negeri Bolos
Hari Kejepit, Puluhan Pegawai Negeri Bolos

PONOROGO - Pada hari kejepit kemarin, 40 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemkab Ponorogo nekat mangkir kerja. PNS jago bolos itu terungkap dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan inspektorat setempat. "Mereka berasal dari enam satker," jelas Karman, inspektur pembantu di Inspektorat Ponorogo. 

Pihaknya juga mencatat 32 PNS izin tidak berdinas kemarin dengan alasan sakit, ada keperluan mendadak, cuti, dan tugas luar. 

Inspektorat bersama badan kepegawaian daerah (BKD) melakukan sidak sejak pukul 07.00. Lima belas satuan kerja (satker) dengan jumlah 1.074 PNS menjadi sasaran sidak. Juga, dinas kesehatan yang menjadi penyumbang terbesar PNS bolos, disusul dinas pekerjaan umum (DPU). "Sebagai abdi negara, harusnya masuk kerja sesuai ketentuan. Apalagi di satker yang terkait dengan pelayanan. Tidak ada istilah hari kecepit, setelah tahun baru masuk seperti biasa," tegasnya. 

Inspektur di Inspektorat Ponorogo Nyoto Wiyono menambahkan, 40 PNS yang kedapatan bolos bakal dipanggil. Pihaknya akan memastikan alasan mereka melalaikan tugas. Jika mereka beralasan sakit, harus ada surat dokter. Begitu pula yang tugas luar, wajib ada surat jalan. "Kalau terbukti bolos, pasti ada sanksinya," ungkapnya.

PONOROGO - Pada hari kejepit kemarin, 40 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemkab Ponorogo nekat mangkir kerja. PNS jago bolos itu terungkap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News