Hari Lahir Pancasila, Bu Mega: Mari Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia

Hari Lahir Pancasila, Bu Mega: Mari Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia
Tangkapan layar - Presiden Ke-5 RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri . ANTARA/Devi Nindy

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh bangsa untuk bangkit bersama membangun peradaban dunia. 

Menurut Bu Mega, panggilan akrab Megawati Soekarnoputri, bangsa Indonesia telah puluh lebih cepat dan bangkit kuat dari pandemi Covid-19. 

“Dalam momentum Hari Lahir Pancasila tahun ini, kita pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dari pandemi Covid-19. Mari kita bangkit bersama membangun peradaban dunia,” kata Megawati dalam pernyataannya melalui video di kanal Sekretariat Presiden di YouTube dipantau di Jakarta, Rabu (1/6). 

Presiden Kelima RI itu mengatakan Pancasila merupakan dasar negara hasil kesepakatan para pendiri bangsa. Ketua umum PDI Perjuangan itu menambahkan bahwa Pancasila harus menjadi ruh pada setiap sendi kehidupan anak bangsa saat ini dan di masa mendatang. 

"Nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila adalah berasal dari nilai luhur nenek moyang kita yang mencerminkan nilai agung sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Lebih lanjut Bu Mega mengatakan 1 Juni 1945 merupakan momentum lahirnya Pancasila. Menurutnya, saat itu nilai-nilai luhur bangsa Indonesia digali dan dirumuskan untuk menjawab mengenai dasar negara Indonesia pada  sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Dia menambahkan rumusan itu disampaikan secara komprehensif oleh Proklamator Kemerdekaan RI dan Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno pada sidang BPUPK. 

“Rumusan ini kemudian dibahas pada pertemuan para pendiri bangsa dan rumusan final dituliskan pada Pembukaan UUD 1945 yang merupakan satu tarikan napas yang tak bisa dipisahkan,” kata putri Bung Karno itu. 

Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri atau Bu Mega mengajak seluruh bangsa untuk bangkit bersama membangun peradaban dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News