Hari Pahlawan, Rudy dapat Penghargaan dari Akar Kita

Hari Pahlawan, Rudy dapat Penghargaan dari Akar Kita
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama FX. Hadi Rudyatmo saat melihat foto-foto yang dipamerkan, Rabu (10/11). Foto : Romenay Augustino

jpnn.com, SOLO - Momen Hari Pahlawan 2021 dimanfaatkan salah satu komunitas bernama Akar Kita untuk mendeskripsikan 44 tahun perjalanan mantan Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo lewat pameran foto. 

Mengangkat tema 44 Tahun Perjalanan Sang Akar dalam bingkai Fotografi, komunitas anak muda itu memajang foto Rudy hasil jepretan para wartawan, seniman, mahasiswa hingga masyarakat umum di Pendopo Pucangsawit Jebres Surakarta selama 3 hari mulai dari 10 - 12 November 2021.

"Ada sekitar 300 foto yang masuk. Setelah kami kurasi berdasarkan momen foto akhirnya jumlahnya hanya menjadi 44 Foto. Karena kami harus sesuaikan dengan 44 tahun pengabdian,"ungkap Ketua Panitia acara Kariska Sukmana. 

Menurutnya, jumlah foto yang terpampang saat ini masih kurang untuk menggambarkan perjalanan sosok Rudy dari masa ke masa. 

"Rencana awalnya 1 foto mewakili 1 moment setiap tahunnya. Waktu persiapan mepet, sehin 44 foto mewakili 1 momen. Misal kebakaran 1, menolong 1 dan olahraga 1,"jelas Kariska. 

Mantan Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menuturkan ini sebenarnya adalah acara yang dibuat oleh departemen pemuda olahraga PDIP. Mereka ingin menyampaikan pesan filosif dari kata akar.

"Saya pernah bicara sama mereka masalah filosofi akar. Pelayan masyarakat ibarat seperti akar, tugasnya hanya mencari air di tanah yang keras dan berbatu hanya demi sebuah pohon," jelasnya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang turut hadir mengatakan bisa banyak belajar dari foto-foto yang dipamerkan tentang perjalanan Rudy meniti karier mulai dari pegawai swasta hingga jadi Wali Kota Surakarta selama periode.

Momen Hari Pahlawan 2021 dimanfaatkan oleh salah satu komunitas bernama Akar Kita untuk mendeskripsikan 44 tahun perjalanan mantan Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo lewat pameran foto. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News