Hari Parlemen Internasional, Lestari Moerdijat Ingatkan Hal Penting Ini ke Para Wakil Rakyat

Hari Parlemen Internasional, Lestari Moerdijat Ingatkan Hal Penting Ini ke Para Wakil Rakyat
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan hal penting ini ke para wakil rakyat bertepatan dengan momentum Hari Parlemen Internasional 30 Juni. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan para wakil rakyat harus berperan aktif dalam upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim yang mengancam dunia, termasuk Indonesia.

Dia mengingatkan perubahan iklim bukan semata masalah lingkungan.

"Lebih dari itu, bisa berdampak pada sejumlah sektor, seperti pertanian, kesehatan, ekonomi hingga menimbulkan masalah sosial jika sejumlah sektor itu mengalami dampak yang parah," kata Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulisnya dalam rangka Hari Parlemen Internasional, Jumat (30/6).

Hari Parlemen Internasional diperingati setiap 30 Juni untuk mengenang dibentuknya Inter-Parliamentary Union (IPU) pada 1889.

IPU merupakan forum internasional permanen pertama yang membidangi negosiasi politik antar-negara.

Peringatan Hari Parlemen Internasional tahun ini mengusung tema 'Parliaments for the Planet'.

Tema tersebut ditujukan untuk memobilisasi parlemen dan anggotanya untuk bertindak atas keadaan darurat iklim yang terjadi saat ini.

Menurut Lestari, semangat dari tema peringatan Hari Parlemen Internasional tahun ini harus didorong untuk direalisasikan, mengingat perubahan iklim bisa berdampak pada terganggunya pasokan kebutuhan dasar manusia seperti air dan bahan pangan.

Lestari Moerdijat mengingatkan hal penting ke para wakil rakyat bertepatan dengan momentum Hari Parlemen Internasional 30 Juni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News