Hari Pertama Lebaran, Jokowi Bukan Terima Kunjungan, Tetapi Menghadap ke Pihak Ini

Hari Pertama Lebaran, Jokowi Bukan Terima Kunjungan, Tetapi Menghadap ke Pihak Ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta, Senin (2/5). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta, Senin (2/5) bertepatan dengan 1 Syawal 1443 Hijriah. Turut mendampingi Jokowi ialah putra bungsunya Kaesang Pangarep.

Jokowi harus keluar Istana Kepresidenan Yogyakarta untuk menemui Sultan Hamengkubuwono X Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan seluruh keluarga keraton di hari pertama Lebaran ini.

"Ini pertama, karena saya Idulfitri saat ini berada di Yogya, tentu saja pertama kali yang kami kunjungi untuk silaturahmi dan menghaturkan selamat hari raya. Mohon maaf lahir dan batin kepada Bapak Sultan Ngarso Dalem beserta Ibu Ratu dan keluarga," ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya selepas pertemuan.

Tiba sekitar pukul 09.10 WIB, presiden dan Ibu Negara langsung disambut oleh keluarga Keraton Yogyakarta di gerbang depan untuk kemudian masuk menuju area dalam.

Presiden mengatakan pertemuan berlangsung dalam suasana yang sangat baik.

"Semuanya berjalan dalam suasana yang sangat baik, alhamdulillah," ucapnya.

Senada, Sultan Hamengkubuwono X juga mengatakan perbincangan diisi dengan hal-hal yang ringan. Menurutnya, pertemuan tersebut utamanya adalah untuk bersilaturahmi.

"Bagi saya, kami silaturahmi, tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang urgent, maupun yang penting. Politik, ekonomi, enggak. Kami silaturahmi," tutur Sultan.

Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat Idulfitri kepada Keraton Yogyakarta di hari pertama Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News