Hari Pertama Lockdown di India, Kekacauan di Mana-Mana

Hari Pertama Lockdown di India, Kekacauan di Mana-Mana
Masyarakat India memadati toko-toko swalayan dan apotek di hari pertama penerapan lockdown untuk memerangi wabah virus corona, Rabu (25/3). Foto: Reuters

jpnn.com, NEW DELHI - Masyarakat India memadati toko-toko swalayan dan apotek di hari pertama penerapan lockdown untuk memerangi wabah virus corona, Rabu (25/3). Pemandangan itu terlihat terutama di kota-kota besar seperti New Delhi, Mumbai, dan Bengaluru.

Perdana Menteri Narendra Modi dan para pakar kesehatan memperingatkan bahwa sekitar 1,3 miliar orang di negara itu bisa saja mengalami gelombang infeksi virus corona jika langkah karantina wilayah ini tidak segera diambil. Saat ini sudah ada 536 kasus COVID-19 dengan 10 kasus berujung kematian.

Dengan penutupan perbatasan, antrean truk pengangkut susu, buah-buahan, dan sayuran mengular di jalan tol, sekalipun Modi menyebut bahwa pelayanan vital di seluruh wilayah negaranya masih akan berjalan normal.

Sementara itu, layanan belanja daring juga mengalami kekacauan. Misalnya, perusahaan dagang elektronik Flipkart telah menangguhkan pelayanan, layanan pesan antar kebutuhan sehari-hari milik Amazon India juga tidak lagi tersedia di beberapa kota.

Anthony Thomas, pegawai di toko daring layanan pesan antar yang biasanya mendistribusikan 150 liter susu ke seluruh wilayah New Delhi, menyebut dia diminta atasannya untuk bekerja dari rumah. "Belum ada informasi mengenai pasokan untuk besok," kata Thomas.

Menurut Modi, pemberlakuan karantina wilayah di seluruh India bertujuan untuk menahan penyebaran virus corona agar tidak sampai ke kota-kota kecil di negara itu.

"Setiap distrik, setiap jalanan, setiap desa, semua akan ditutup," kata Modi, sekaligus menyatakan bahwa siapa pun tidak akan diizinkan keluar rumah dalam waktu tiga pekan mendatang.

Di India, rasio ketersediaan akomodasi rumah sakit terbilang sangat kecil. Angkanya hanya 0,5 untuk setiap 1.000 orang, jauh dibandingkan dengan Tiongkok yang mencapai 4,3 atau Italia yang sedikit di bawah yakni 3,2. (ant/dil/jpnn)

Masyarakat India memadati toko-toko swalayan dan apotek di hari pertama penerapan lockdown untuk memerangi wabah virus corona, Rabu (25/3)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News