Hari Santri, Jokowi Yakin Indonesia Bakal Jadi Pemain Utama

Hari Santri, Jokowi Yakin Indonesia Bakal Jadi Pemain Utama
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meyakini Indonesia berpeluang untuk menjadi pemain utama ekonomi syariah dan industri halal dunia.

Sebab, Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan perkembangan dalam sektor ekonomi syariah telah mengalami pertumbuhan yang berarti.

“Perlu ada upaya yang sinergis antarpemangku kepentingan agar ekonomi syariah kami tumbuh lebih pesat lagi. Dan itulah peran penting yang harus dimainkan oleh masyarakat ekonomi syariah,” ujar presiden dalam sambutannya saat membuka Peringatan Hari Santri Nasional 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/10).

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan dari 2018 ekonomi syariah Indonesia terus naik peringkat, hingga terakhir pada 2020 berada di peringkat empat dunia.

Meski demikian, presiden meminta untuk tidak berpuas diri.

Sebagai organisasi keumatan, presiden berharap masyarakat ekonomi syariah (MES) bisa menjadi lokomotif ekonomi syariah yang membumi, menyentuh ekonomi umat, dan menggerakkan perekonomian yang inklusif, serta melahirkan banyak wirausahawan utamanya dari kalangan santri.

“Karena itu, kami harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur, wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren,” tambahnya.

Presiden menuturkan orientasi santri saat ini bukan lagi untuk mencari pekerjaan, tetapi menciptakan kesempatan kerja dan menebarkan manfaat yang lebih luas.

Presiden Joko Widodo meyakini Indonesia berpeluang untuk menjadi pemain utama ekonomi syariah dan industri halal dunia. Dia mengungkapkan modal terbaik Indonesia.