Harimau Sumatra Memangsa Kambing Milik Warga, BKSDA Turunkan Tim ke Lokasi

Harimau Sumatra Memangsa Kambing Milik Warga, BKSDA Turunkan Tim ke Lokasi
Warga Mukomuko menemukan jejak harimau di pemukiman penduduk di wilayah itu, Kamis (23/3/2023). ANTARA/HO-Istimewa.

jpnn.com - MUKOMUKO - Harimau Sumatra diduga memangsa kambing milik warga di Desa Gajah Makmur, Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu menurunkan tim untuk mengecek tempat kejadian peristiwa kambing dimangsa harimau Sumatra itu.

"Barusan kami sudah cek ke lokasi penemuan jejak harimau di Unit Pemukiman Transmigrasi Lubuk Talang kemudian ke lokasi kambing dimangsa harimau," kata Kepala Resor Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sebelat Bengkulu Asep Sunandar dihubungi dari Mukomuko, Jumat (24/3).

BKSDA menurunkan tim setelah menerima laporan dari masyarakat terkait penemuan jejak harimau di UPT Lubuk Talang dan hewan ternak kambing dimangsa harimau di Desa Gajah Makmur, Kecamatan Malin Deman.

Berdasarkan hasil pengecekan tim ke beberapa lokasi, wilayah itu memang menjadi perlintasan satwa dilindungi tersebut. "Kami sudah cek juga dan memang dua malam ini tidak muncul harimau di lokasi tersebut," ungkapnya.

Meskipun saat itu harimau tidak muncul di lokasi, pihaknya telah menyampaikan saran kepada kepala desa dan warga di wilayah agar berhati-hati terhadap satwa tersebut.

Dia juga menyarankan warga sebaiknya mendirikan penerangan ke lokasi kandang hewan ternak yang menjadi wilayah perlintasan satwa liar tersebut.

Selain itu, dia juga menyarankan kepada warga masyarakat di wilayah ini untuk membuat kandang TPE di perlintasan satwa tersebut agar harimau itu tidak mengganggu hewan ternak milik masyarakat.

Harimau Sumatra diduga memangsa kambing milik warga di Mukomuko. BKSDA langsung turunkan tim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News