Harlah Pancasila, Mensos Serahkan Kapal Fiber Hingga Penuhi Gizi Anak di Distrik Agats

Harlah Pancasila, Mensos Serahkan Kapal Fiber Hingga Penuhi Gizi Anak di Distrik Agats
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyerahkan bantuan pemberdayaan sosial berupa 27 kapal fiber longboat hingga mengupayakan pemenuhan gizi anak-anak di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (1/6). Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, ASMAT - Menteri Sosial Tri Rismaharini merayakan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 bersama masyarakat di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Mensos Risma menyerahkan bantuan pemberdayaan sosial, berupa 27 kapal fiber longboat hingga mengupayakan pemenuhan gizi anak-anak di distrik tersebut.

Kegiatan tersebut dimaknai Mensos Risma sebagai 'Pancasila dalam Tindakan'.

“Ya, dari awal mau merayakan hari lahir Pancasila, mencoba menerjemahkan Pancasila dalam tindakan. Bukan hanya persatuan Indonesia dan keadilan sosial yang kita terjemahkan, dalam hal ini supaya warga Asmat bisa merasakan bahwa Pancasila ada maknanya bersama-sama kami," ungkap Mensos Risma

Mantan Wali Kota Surabaya itu menyampaikan pemberian bantuan ini untuk memenuhi salah satu kebutuhan primer masyarakat di Distrik Agats, yaitu transportasi air dan diharapkan dapat membantu kegiatan niaga masyarakat.

"Kami bantu kapal selain untuk usaha mereka mencari ikan atau menjual produknya, tapi juga untuk akses transportasi," ujar Mensos Risma di Keuskupan Agats.

Bantuan kapal fiber longboat, bibit ternak babi 1.000 ekor, ribuan pasang pakaian dan penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) sebanyak 100 unit, diserahkan Mensos Risma secara simbolis kepada Uskup Keuskupan Agats Aloysius Murwito dan Bupati Asmat Elisa Kambu.

Mensos Risma juga memenuhi kebutuhan gizi anak-anak di Agats dengan membagikan telur hasil dari pemberdayaan sosial ayam petelur dari Kemensos.

Di sana, Keuskupan Agats menerjemahkan visi Mensos Risma dalam 'Gerakan Sabutir Telur'.

Bertepatan dengan Harlah Pancasila, Mensos Risma menyerahkan bantuan pemberdayaan sosial di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News