Kemensos Pilih Dharmasraya jadi Lokasi Acara Puncak HLUN 2023, Ternyata Ini Alasannya

Kemensos Pilih Dharmasraya jadi Lokasi Acara Puncak HLUN 2023, Ternyata Ini Alasannya
Pasangan lansia di Kabupaten Dharmasraya sesuai mengikuti isbat nikah yang difasilitasi Kemensos di Pengadilan Agama Pulau Punjung, Sumatera Barat. Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) telah menetapkan memilih Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, sebagai lokasi penyelenggaraan acara puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023.

Kegiatan yang mengangkat tema 'Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat' itu akan diselenggarakan pada Senin, 29 Mei 2023 nanti.

Pada puncak HLUN 2023, Menteri Sosial Tri Rismaharini akan hadir langsung di Dharmasraya dan menyapa lansia di 11 kecamatan melalui teleconference yang terhubung di lokasi utama di Pulau Punjung.

Kabupaten berpenduduk 228 ribu ini dipilih, karena tingginya angka pernikahan siri oleh lanjut usia.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinsosP3APPKB) Kabupaten Dharmasraya Martin Efendi menyebutkan sebanyak 891 lansia tidak mendaftarkan pernikahannya.

“Alasan belum menikah resmi, karena kalau di kampung, kondisi sudah tua tidak mungkin mengurus berkas nikah sehingga memilih nikah di bawah tangan (siri), tidak tercatat negara,” ungkap Martin Efendi melalui keterangan yang diterima, Jumat (26/5).

Dia mengungkapkan banyaknya angka pernikahan siri lansia disebabkan saat menikah puluhan tahun yang lalu tidak mendapatkan buku nikah.

Tidak tercatatnya pernikahan terdahulu berimbas pada pernikahan kedua.

Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dipilih sebagai lokasi acara puncak HLUN 2023 yang akan diselenggarakan pada Senin (29/5)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News