Harta Susut, Mittal Terkaya di Inggris

Harta Susut, Mittal Terkaya di Inggris
Harta Susut, Mittal Terkaya di Inggris
LONDON - Resesi yang sedang membelit Eropa tidak berdampak pada kekayaan konglomerat di Inggris. Bahkan, berdasar survei tahunan Sunday Times Rich List, pundi-pundi harta orang kaya di Negeri Ratu Elizabeth II tersebut mencapai rekor tertinggi akhir tahun lalu. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, total kekayaan para miliarder di Inggris itu melonjak lipat dua.

Riset dan survei yang dilakukan koran ternama Sunday Times, seperti dikutip oleh Agence France-Presse kemarin (29/4), itu menunjukkan bahwa total kekayaan 1.000 orang terkaya di Inggris tahun lalu melonjak 4,7 persen menjadi GBP 414,26 miliar (sekitar Rp 6.131 triliun). Itu berarti total kekayaan mereka telah melampaui rekor yang tercatat pada 2008 sebelum terjadinya krisis keuangan. Padahal, angka pengangguran di Inggris tinggi dan pemerintah juga memangkas tajam anggaran.

Jumlah miliarder (billionaires) juga bertambah menjadi 77 orang. Taipan asal India, Lakshmi Mittal, yang dikenal sebagai raja besi, tetap bertahan di posisi teratas dengan kekayaan GBP 12,7 miliar (sekitar Rp 187,96 triliun).

Itu berarti selama delapan tahun berturut-turut pria 61 tahun tersebut terus menduduki posisi puncak. Posisinya tak tergeser meski nilai kekayaannya susut 27 persen akhir tahun lalu akibat anjloknya harga saham perusahaan dan bisnis utamanya di sector baja lewat bendera ArcelorMittal.

LONDON - Resesi yang sedang membelit Eropa tidak berdampak pada kekayaan konglomerat di Inggris. Bahkan, berdasar survei tahunan Sunday Times Rich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News