JPNN.com

Haruskah Penderita Diabetes Minum Obat Seumur Hidup?

Minggu, 15 September 2019 – 23:05 WIB Haruskah Penderita Diabetes Minum Obat Seumur Hidup? - JPNN.com

jpnn.com - Diabetes atau sering disebut dengan penyakit kencing manis masih menjadi penyakit metabolik yang sering terjadi di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Saat ini, banyak sekali orang dewasa muda terserang penyakit ini. Penderita diabetes atau diabetesi bahkan disebut-sebut harus makan obat diabetes seumur hidup.

Dua faktor yang berperan penting dalam terjadinya kondisi tersebut, antara lain adalah faktor genetik dan pola hidup yang tidak sehat.

Menurut International Diabetes Federation (IDF), pada tahun 2035 jumlah penderita kencing manis di dunia diperkirakan akan semakin meningkat, yaitu sekitar 529 juta orang, dimana hampir 175 jutanya terlambat terdiagnosis.  Sedangkan di Indonesia, penyakit kencing manis menjadi penyebab kematian untuk 1,5 juta orang sejak tahun 2013.

Tanda dan gejala diabetes mellitus

Seseorang bisa terdiagnosis memiliki penyakit diabetes apabila memiliki gejala klasik seperti sering BAK (poliuria). Penderita juga haus berlebihan (polidipsia), sering merasa lapar (polifagia) dan adanya penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. 

Keluhan lain yang dapat muncul selain gejala klasik antara lain terasa lemah seluruh badan serta kulit terasa gatal. Keluhan lainnya adalah pandangan kabur, bahkan gangguan seksual seperti disfungsi ereksi pada laki-laki.

Selain melihat dari gejala yang muncul, penyakit diabetes dapat dideteksi dengan mudah melalui pemeriksaan kadar gula darah dalam tubuh. Dikatakan positif menderita diabetes apabila kadar gula darah puasa ≥ 126 mg/dl atau kadar gula darah  ≥ 200 mg/dl. 

Bisakah penyakit diabetes sembuh?

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...