JPNN.com

Bolehkah Penderita Diabetes Minum Jus Buah?

Sabtu, 31 Agustus 2019 – 23:48 WIB Bolehkah Penderita Diabetes Minum Jus Buah? - JPNN.com

jpnn.com - Meskipun buah mengandung begitu banyak vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh, sebenarnya penderita diabetes tidak disarankan minum jus buah. Sebab, asupan jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Oleh karena itu, penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi jus buah. Lebih baik konsumsi buah potong secara langsung dibandingkan harus mengolahnya dalam bentuk jus.

Meskipun jus buah tergolong dalam minuman sehat, berdasarkan penelitian medis yang dilakukan, konsumsi jus buah dapat meningkatkan risiko terkena diabetes mellitus atau kencing manis.

Kandungan jus buah yang tidak baik bagi penderita diabetes
Jus buah tidak sepenuhnya tergolong tidak sehat. Ketika buah diolah dalam bentuk jus, tetap memiliki kandungan vitamin C dan kalsium yang bermanfaat bagi tubuh.

Meskipun memiliki berbagai kandungan baik, segelas jus buah memiliki kalori lebih besar, sehingga dapat mencapai dua kali lipat kandungan kalori yang diperoleh dalam buah potong yang tidak diproses.

Fruktosa atau gula yang diperoleh dari buah yang sudah melalui proses hingga menjadi jus, memiliki kadar gula yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kadar toleransi gula yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Selain itu, jus buah sudah kehilangan begitu banyak serat yang bermanfaat bagi saluran pencernaan.

Dampak konsumsi jus buah terhadap kadar gula darah

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...