Hashim: Kearifan Lokal Indonesia Solusi Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan

Hashim: Kearifan Lokal Indonesia Solusi Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan
Ketua Dewan Pembina Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI), Hashim Djojohadikusumo. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Indonesia dipilih menjadi tuan rumah International Conference of National Trusts (ICNT) 2017. Konferensi Organisasi Pelestarian dari berbagai negara dunia yang bergabung dalam The International National Trusts Organisation (INTO) itu bakal digelar di Gianyar, Bali, pada 11-15 September 2017.

Ketua Dewan Pembina Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI), Hashim Djojohadikusumo menjelaskan, konferensi ICNT bertujuan memperkuat peran serta ajang berbagi pengalaman antar organisasi pelestarian dari berbagai negara. "Peran komunitas dalam gerakan pelestarian sangat penting, di mana organisasi pelestarian seperti Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) dan para mitra di berbagai daerah juga memiliki jejaring yang kuat di tingkat regional maupun internasional," kata Hashim dalam acara Peluncuran ICNT 2017 di Museum Nasional, Jakarta, Rabu (14/9).

Hashim menuturkan, yang paling membanggakan dalam penyelenggara ICNT 2017 adalah, terbukanya kesempatan bagi tradisi dan kearifan lokal Indonesia untuk menjadi bagian dari solusi dunia dalam kelestarian lingkungan yang berkelanjutan. "Diharapkan ICNT 2017 dapat menggali berbagai kekayaan tradisi dan kearifan budaya lokal untuk mendukung keberlanjutan dunia, khususnya kelestarian lingkungan, dalam berbagai tekanan termasuk perubahan iklim," tegas Hashim Djojohadikusumo mengakhiri sambutannya.

Dalam menyelenggarakan ICNT 2017, BPPI menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar. Sebagai anggota dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Pemerintah Kabupaten Gianyar mengaku siap berkontribusi mendukung penyelenggaraan ICNT 2017.

"Selain itu, membangun kemitraan dan kerja sama seperti ini membuka peluang bagi potensi pengembangan aset pusaka di berbagai daerah di Indonesia untuk dikembangkan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat," jelas Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata, yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Presidium JKPI.

Di sisi lain, Vice President INTO, Emily Drani menyampaikan dukungan yang kuat dari dunia pelestarian internasional kepada Indonesia. Terutama dalam memperkenalkan bagaimana pendekatan budaya dikembangkan untuk menjawab berbagai isu-isu lingkungan yang menjadi permasalahan bersama saat ini.

"Dunia pelestarian internasional  memberi dukungan kuat untuk menyikapi berbagai tekanan dalam isu lingkungan khususnya perubahan iklim global melalui pendekatan budaya," ungkap Drani dalam pesan yang disampaikan melalui rekaman video pada kesempatan yang sama.

Dalam acara Peluncuran ICNT 2017 di Museum Nasional hari ini tampak hadir  Duta Besar Belgia, H.E. Patrick Hermann. Diatelah bertindak sebagai tuan rumah acara sosialisasi ICNT 2017 kepada para duta besar negara sahabat yang diselenggarakan kemarin, Selasa (13/9), di Jakarta. Selain itu tampak juga kehadiran para pemerhati pelestarian budaya dan lingkungan baik dari institusi pemerintah, swasta dan komunitas. (dil/jpnn)


JAKARTA - Indonesia dipilih menjadi tuan rumah International Conference of National Trusts (ICNT) 2017. Konferensi Organisasi Pelestarian dari berbagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News