Hasil Kerja Kementrian Akan Diumumkan

Hasil Kerja Kementrian Akan Diumumkan
Hasil Kerja Kementrian Akan Diumumkan
JAKARTA--Tahun depan, setiap kementerian dan lembaga (K/L) wajib membuat penetapan kinerja. Hasilnya akan diumumkan secara terbuka. Hal itu sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada rakyat.

"Penggunaan uang negara harus dipertanggungjawabkan. Mulai dari perencanaan yang tertuang dalam penetapan kontrak kinerja, sampai  hasil atau output dari penggunaan anggaran itu,” ujar  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar dalam keterangan persnya, Jumat (22/3).

 

Penetapan kontrak kinerja ini berupa program apa saja yang akan dilakukan sesuai dengan APBN. Kontrak kinerja dimulai dari menteri dengan pejabat eselon I, eselon I dengan eselon II. “Kalau instansi pemerintah tidak mau mengumumkan, akan dipublikasikan di media massa bahwa lembaganya tidak transparan,” tambahnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, rakyat harus dapat memantau kinerja K/L baik secara online, maupun melalui media lain. Selain itu, penggunaan uang negara seharusnya lebih difokuskan pada manfaat atau outcome, bukan sebatas output. Masyarakat harus dapat merasakan manfaat dari penggunaan uang Negara. “Bukan sembarang outcome, namun kualitasnya paling utama,” tandasnya. (Esy/jpnn)

JAKARTA--Tahun depan, setiap kementerian dan lembaga (K/L) wajib membuat penetapan kinerja. Hasilnya akan diumumkan secara terbuka. Hal itu sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News