Hasil Musra Jabar: Ganjar & Sandiaga Paling Banyak Dipilih Gantikan Jokowi

Hasil Musra Jabar: Ganjar & Sandiaga Paling Banyak Dipilih Gantikan Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberi sambutan dalam kegiatan Musyawarah Rakyat (Musra), di SPORT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/8/2022). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/pri.

jpnn.com, BANDUNG - Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra) perdana digelar sejumlah organisasi sukarelawan Joko Widodo (Jokowi) di Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/8).

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno banyak dipilih rakyat menggantikan Jokowi menjadi Presiden di 2024. 

Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia Andi Gani Ganjar dipilih oleh 921 atau 16,10 persen dari 5.721 peserta Musra Jabar dalam kelompok 'Calon Presiden Harapan Rakyat'. Sementara Sandiaga mendapat suara dari 16,92 persen atau 968 dari total peserta. 

Adapun tokoh-tokoh di bawahnya secara berurutan antara lain Menhan Prabowo Subianto dengan 635 suara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 516 suara, Gubernur Jabar Ridwan Kamil 296 suara, dan Ketua DPR Puan Maharani 238 suara. 

Kemudian ada nama Anggota DPR Dedi Mulyadi di urutan ke-8 dengan perolehan 164 suara, mantan Panglima TNI Moeldoko dengan 147 suara, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Andi menjelaskan sebanyak 1.123 pemilih punya kriteria dan karakter calon pemimpin bangsa yang jujur dan bersih. Sebanyak 1.017 lainnya punya kreteria Presiden 2024 yang berani, tegas, dan berwibawa. Disusul kriteria lainnya seperti berpengalaman, merakyat, dermawan, berakhlak baik, dan berpendidikan profesional. 

"Peserta Musra Jawa Barat lebih mendambakan pemimpin bangsa yang jujur dan bersih, sekaligus berani, tegas, dan berwibawa, serta berpengalaman," ujar Andi dalam siaran persnya, Rabu (31/8). 

Andi menyebut kriteria merakyat cukup tinggi sebagai bagian dari penilaian terhadap seorang pemimpin di mata para peserta dengan total suara 785. Andi mengatakan penilaian merakyat bersanding dengan kriteria lain. 

Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia yang digelar di Bandung, Jabar menghasilkan nama Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno sebagai sosok pengganti Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News