Hasil Penelitian Ungkap Manfaat Menonton Burung, Wouw!

Hasil Penelitian Ungkap Manfaat Menonton Burung, Wouw!
Burung. Ilustrasi Foto: Radar Madura/JPG

jpnn.com - Alam bisa menjadi cara terbaik untuk detoksifikasi dan bersantai. Dikelilingi pepohonan dan semak dengan burung berkicau bisa menurunkan kesempatan Anda untuk menderita kecemasan atau stres.

Periset di Universitas Exeter, British Trust for Ornithology dan University of Queensland menunjukkan bahwa adanya kaitan antara penurunan tingkat depresi, kegelisahan dan stres dengan jumlah burung yang bisa dilihat orang pada siang hari.

Menurut penelitian, pengamatan visual terhadap alam sangat membantu dalam menurunkan stres dan kecemasan bagi manusia.

"Studi ini mulai membongkar peran beberapa komponen utama alam untuk kesejahteraan mental," kata peneliti Daniel Cox, seperti dilansir laman India Times, Senin (29/5).

"Burung-burung di sekitar rumah dan alam pada umumnya, menunjukkan janji besar dalam perawatan kesehatan preventif, membuat kota jauh lebih sehat," jelas Cox.

Penelitian yang dilakukan oleh Cox ini menemukan bahwa mengamati burung membuat orang merasa rileks dan terhubung dengan alam yang memainkan peran penting dalam menurunkan tingkat stres dan kecemasan seseorang.

Oleh karena itu, tidak hanya manfaat kesehatan fisik, namun alam dalam segala bentuk bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh.

Oksigen segar, treks menantang, pemandangan indah, suara alam yang merdu dan lain-lain, semuanya berkontribusi pada kesehatan Anda jika diperhatikan dengan tajam. (fny/jpnn)

Alam bisa menjadi cara terbaik untuk detoksifikasi dan bersantai. Dikelilingi pepohonan dan semak dengan burung berkicau bisa menurunkan kesempatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News