Khawatir tentang Uang saat Hamil, Dampaknya pada Bayi

Khawatir tentang Uang saat Hamil, Dampaknya pada Bayi
Ilustrasi Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com - Anda mungkin sering mendengar bahwa kehamilan seharusnya merupakan saat Anda bersantai.

Saatnya menghabiskan hari-hari Anda menikmati makanan enak, membeli pakaian bayi yang lucu, dan dimanjakan.

Tapi kenyataan ini hanya untuk beberapa wanita. Penelitian baru menemukan bahwa stres selama kehamilan, terutama bila menyangkut masalah keuangan, bisa berdampak pada bayi.

Untuk penelitian yang dilakukan oleh Institute for Behavioral Medicine Research di The Ohio State University Wexner Medical Center, para periset bertanya kepada wanita hamil tentang betapa sulitnya bagi mereka untuk hidup dengan penghasilan mereka saat ini sambil mempertimbangkan tagihan medis, perumahan dan biaya lainnya.

Periset menemukan bahwa semakin banyak wanita yang stres tentang masalah keuangan mereka, maka semakin besar kemungkinan mereka memiliki bayi dengan berat lahir rendah.

Bayi dengan berat lahir rendah memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah kesehatan serius, seperti masalah pernapasan dan pencernaan. Juga risiko obesitas serta penyakit jantung yang lebih tinggi di kemudian hari.

Anehnya, masalah ini tidak tergantung pada berapa banyak uang yang dihasilkan seorang wanita dan pasangannya. Artinya, wanita di semua tingkat pendapatan tetap saja merasa tertekan soal uang.

" Tekanan finansial dan stres tentang merawat bayi setelah lahir akan memberikan dampak juga," kata seorang profesor di departemen psikiatri dan kesehatan perilaku, psikologi, dan kebidanan dan ginekologi Ohio State University Wexner Medical Center, Lisa M. Christian, Ph.D, seperti dilansir laman Glamour, Rabu (24/5).

Anda mungkin sering mendengar bahwa kehamilan seharusnya merupakan saat Anda bersantai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News