Hasil Survei: 80 Persen Warga Puas dengan Kinerja Pemprov DKI Menangani Corona

Hasil Survei: 80 Persen Warga Puas dengan Kinerja Pemprov DKI Menangani Corona
Ilustrasi lockdown di masa pandemi corona. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 80,70 persen warga puas terhadap respons Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan wabah Covid-19. Sedangkan yang tidak puas hanya 19,30 persen.

Hal itu terungkap dari survei Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) yang dirilis, Sabtu (2/5).

“Survei persepsi warga perlu dilakukan secara berkala, termasuk dalam suasana darurat kesehatan tersebarnya wabah. Agar kita mengetahui kondisi nyata dan persepsi warga terhadap kondisi yang berkembangan,” jelas Direktur LKSP Astriana B Sinaga

Menurut dia, warga merasa puas karena Pemprov DKI Jakarta bertindak cepat mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, memberi dukungan kepada tenaga kesehatan, dan menyiapkan bantuan sosial bagi rakyat.

Sementara itu, warga yang tidak puas menyebut beberapa aspek yang perlu ditingkatkan pemprov, yakni pelayanan yang lambat (54,07 persen), kurang responsif terhadap keluhan (30,23 persen), dan kurang terbuka (15,70 persen).

“Pemprov DKI Jakarta perlu menggerakkan aparat di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk memantau perkembangan warga di daerahnya. Informasi dari Ketua Rukun Tetangga/Rukun Warga juga penting sebab mereka yang paling tahu kondisi di lapangan. Semua informasi itu diintegrasikan dan dianalisis sebagai bahan pengambilan putusan,” ujar Astriana.

Survei LKSP dilakukan pada 14-18 April 2020 di seluruh wilayah DKI Jakarta (44 kecamatan) yang melibatkan 886 responden yang dimintai pendapatnya berusia 17 tahun ke atas.

Penentuan jumlah responden menggunakan metoda Krejcie-Morgan dengan margin of error 2.829% dan tingkat kepercayaan 95%. Responden ditentukan secara acak dan proporsional pada tiap kabupaten/kota. Responden mengisi daftar pertanyaan secara online, setelah dipastikan terkontak secara individual.

Survei LKSP menunjukkan bahwa kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menangani virus corona mendapat respons positif dari warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News