Hasil Survei: Caleg Putra Daerah Berpotensi Unggul di Dapil Jatim IX

Hasil Survei: Caleg Putra Daerah Berpotensi Unggul di Dapil Jatim IX
Pemilu 2019. Foto ilustrasi: batampos/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Pemilu legislatif tinggal menghitung hari. Beberapa lembaga survei telah melakukan survei di berbagai daerah pemilihan (dapil). Khusus untuk Dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban), caleg putra daerah mendominasi. Putra daerah yang dimaksud adalah caleg yang lahir dan berasal dari Bojonegoro ataupun Tuban.

Temuan itu tergambar dari hasil survei “Barometer Survey Nusantara” yang dilakukan pada 1-10 Maret di 48 kecamatan di Dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban). Survei dilakukan dengan melibatkan 1.200 reposnden yang tersebar di seluruh desa. Sementara margin of error sebesar 2 persen.

BACA JUGA: Putra Daerah Jatim Sering Kalah Saing di Lowongan Kerja

Direktur Barometer Survey Nusantara Ikhwan Hartanto mengatakan caleg asal putra daerah paling berpotensi unggul karena memang mereka sudah memahami kebutuhan warganya. Masyarakat saat ini membutuhkan caleg yang mengerti kebutuhan daerah dan bisa membangun daerahnya.

“Banyak pemilih yang trauma dengan caleg karena setelah terpilih tidak pernah ingat kepada dapilnya. Kebanyakan sibuk di Jakarta. Oleh sebab itu, pemilih Bojonegoro-Tuban lebih merasa nyaman dengan memilih caleg asal daerahnya sendiri dengan beberapa alasan. Di antaranya lebih dikenal, lebih jelas rekam jejaknya, dan lebih bisa dipercaya membangun daerahnya," katanya dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (12/3/2019).

Di sisi lain, kata Ikhwan, para caleg yang berasal dari luar dapil, sulit diterima karena tidak pernah merasa harus membangun daerah setelah terpilih sebagai anggota legislatif.

Ikhwan menambahkan, caleg putra daerah umumnya juga punya mendukung loyal yang sulit berpindah pilihan.

“Dari beberapa penuturan responden, pemilih beralasan karena ada hubungan keluarga, teman, tetangga atau berdasarkan kesamaan primordial. Hal ini menjadi dorongan kuat pemilih untuk tetap loyal kepada putra daerah," imbuh Ikhwan.

Direktur Barometer Survey Nusantara Ikhwan Hartanto mengatakan caleg asal putra daerah paling berpotensi unggul karena memang mereka sudah memahami kebutuhan warganya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News