Hasil Survei CRC Memang Mengejutkan, tak Boleh Diremehkan

Hasil Survei CRC Memang Mengejutkan, tak Boleh Diremehkan
KPU mencetak sebanyak 939.879.651 surat suara untuk kebutuhan Pemilu 2019. Foto: Sabik/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Celebes Research Center (CRC) menunjukkan bahwa para pemilih di Pemilu Serentak 17 April 2019 memberikan perhatian utama pada surat suara pilpres.

Agenda memilih wakil rakyat dengan menoblos surat suara pileg sama sekali tidak menjadi prioritas pemilih. Bahkan di semua level.

Rendahnya prioritas pemilih terhadap pileg tersebut dipaparkan CRC di Jakarta, Minggu (10/2). Lembaga survei yang berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan, itu melakukan survei dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi. Rentang waktunya 23 hingga 31 Januari 2019.

”Ini pertama kalinya kami memaparkan hasil survei di Jakarta,” kata Herman Heizer, direktur sekaligus pendiri CRC.

BACA JUGA: Survei Dapil DKI: Popularitas Caleg PSI Kalahkan Petahana

Herman menjelaskan, 93,2 persen pemilih (responden) mengetahui bahwa pemilu akan dilaksanakan pada 17 April. CRC lantas menanyakan kepada responden kertas suara apa yang akan dicoblos pertama saat berada di bilik suara. ”Mayoritas atau 69,4 persen akan mencoblos kertas suara pilpres dulu,” kata Herman.

Hasil Survei CRC Memang Mengejutkan, tak Boleh Diremehkan

Dari situ CRC juga mengetahui bahwa posisi para responden sebagian besar sudah menentukan pilihan. Saat CRC bertanya adakah kemungkinan untuk mengubah pilihan, mayoritas menyebutkan, kecil kemungkinan mereka untuk mengubah pilihan.

Hasil survei Celebes Research Center alias CRC menunjukkan bahwa 69 persen pemilih di Pemilu Serentak 2019 memprioritaskan menyoblos suarat suara pilpres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News