Hasil Survei: Demokrat, PKS dan PSI Makin Populer di Kalangan Milenial

Selasa, 15 Juni 2021 – 14:19 WIB
Hasil Survei: Demokrat, PKS dan PSI Makin Populer di Kalangan Milenial - JPNN.com
Elektabilitas partai politik di kalangan milenial dan gen Z berdasarkan survei yang dilakukan CPCS. Foto: dok CPCS

jpnn.com, JAKARTA - Meski belum bisa menyamai PDIP dan Gerindra, Partai Demokrat, PKS, serta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kian populer di kalangan pemilih milenial dan gen Z.

Survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas PDIP di kalangan milenial dan gen Z mencapai 17,6 persen. Sementara itu Gerindra di angka 13,4 persen.

Demokrat yang elektabilitasnya di antara pemilih milenial dan gen Z mencapai 10,3 persen menggusur Golkar yang biasanya selalu urutan ketiga di antara pemilih semua umur.

“PDIP dan Gerindra unggul, tetapi Demokrat, PKS, dan PSI paling favorit bagi pemilih milenial dan gen Z,” ungkap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K. dalam press release di Jakarta, Selasa (15/6).

PKS yang biasanya pada kisaran 5 persen elektabilitasnya di antara milenial dan gen Z mencapai 7,7 persen. Sedangkan PSI tembus 5,0 persen dari biasanya 4 persen.

Menurut Okta, kecenderungan menuanya pemilih partai-partai besar tidak terelakkan. Partai-partai tersebut telah menguasai panggung politik sejak reformasi 1998.

Ceruk pemilihnya didominasi mereka yang berusia lebih tua, sementara demografi pemilih kini menunjukkan perkembangan signifikan anak-anak muda dari kalangan milenial dan gen Z.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi partai-partai besar yang kini berkuasa, khususnya PDIP, Gerindra, dan Golkar. Di sisi lain, sikap kritis pemilih muda cenderung tersalurkan kepada partai-partai oposisi, yaitu Demokrat dan PKS. Hanya PSI yang relatif mendulang dukungan pemilih muda, berkat positioning selama ini yang mencitrakan diri sebagai partai anak muda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...