Hasil Survei LSI, Elektabilitas Olly Dondokambey-Steven Kandouw Paling Tinggi

Hasil Survei LSI, Elektabilitas Olly Dondokambey-Steven Kandouw Paling Tinggi
Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman saat merilis survei elektabilitas tiga pasangan calon yang bertarung di Pilgub Sulut 2020. Foto: Dok LSI

jpnn.com, MANADO - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulut jelang waktu kampanye Pilgub 2020.

Hasil survei menunjukkan elektabilitas pasangan Olly Dondokambey – Steven Kandouw mencapai 68,1 %, unggul dua digit dari dua kompetitornya.

“Saat ini elektabilitas pasangan Olly Dondokambey – Steven Kandouw mencapai 68,1 %, sementara elektabilitas Cep-Sehan sebesar 16.9% dan VAP-Hendry sebesar 7,2%.”

“Mereka yang belum menentukan pilihan tersisa 7.2%. Olly Dondokambey – Steven Kandouw unggul dua digit di atas 40 persen,” kata peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman, Minggu (13/9), di Manado, Sulut.

Sejak bulan April 2020, elektabilitas ketiga pasangan calon memiliki tren peningkatan dari bulan April ke bulan agustus, namun tren peningkatan merata dan tidak ada signifikan pada posisi urutan elektabilitas.

Survei LSI bertajuk ‘Tiga Bulan Jelang Pilkada Sulut Kekuatan Para Kandidat di Enam Kantong Pemilih Penting, Sebelum Masa Kampanye’ dilakukan pada tanggal 22- 29 Agustus 2020, dengan menggunakan 800 responden.

Survei dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Margin of error survei ini adalah 3.5%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulut jelang waktu kampanye Pilgub 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News