Hasil Survei Pilkada Sulut: Petahana ODSK di Ambang Dua Periode

Hasil Survei Pilkada Sulut: Petahana ODSK di Ambang Dua Periode
Peneliti senior LSI, Adjie Alfaraby. Foto: Dok pri untuk JPNN

jpnn.com, MANADO - Pasangan Olly Dondokambey–Steven Kandouw (ODSK) diperkirakan bakal tampil sebagai pemenang Pilkada Sulut pada 9 Desember mendatang.

Pasangan petahana ini kemungkinan besar meraih suara di atas 60%, unggul jauh dari dua kandidat lainnya Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (Cep-Sehan) dan pasangan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene (Vonnie-Hendry).

Demikian temuan terkini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terkait Pilkada Sulut bertajuk 'Kekuatan Para Kandidat Jelang Finish: Olly-Steven di Ambang Dua Periodekah?", Rabu (2/12) sore, di Swiss Bell Hotel, Manado, Sulawesi Utara.

"Tersisa tujuh hari menjelang pemilihan, elektabilitas petahana masih sangat perkasa. Pasangan Olly Dondokambey–Steven Kandouw (ODSK) di ambang dua periode dengan potensi kemenangan diatas 60 %. Jika ini terjadi, maka pasangan ODSK menjadi salah satu dari sedikit petahana gubernur di Indonesia yang menang di atas 60% di periode kedua," ujar peneliti senior LSI, Adjie Alfaraby.

"Survei LSI Denny JA terbaru menunjukan bahwa dukungan petahana ODSK saat ini sebesar 65.7 %. Disusul pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (Cep-Sehan) dengan dukungan sebesar 26.2 %, dan pasangan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene (Vonnie-Hendry) dengan dukungan sebesar 5.5 %. Mereka yang belum menentukan pilihan hanya tersisa sebesar 2.6 %."

Survei LSI dilaksanakan pada tanggal 19-25 November 2020 menggunakan 800 responden di semua kabupaten/kota di Sulut. Survei dikerjakan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan estimasi margin of error sebesar 3.5 %.

"Jika mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 2.6 % dibagi secara proporsional ke tiga pasangan kandidat (karena di saat pemilihan, tidak ada lagi yang belum menentukan pilihan), maka dukungan pasangan ODSK menjadi sebesar 67.4 %, pasangan Cep-Sehan sebesar 26.9 %, dan dukungan kepada pasangan Vonnie-Hendry sebesar 5.7 %," lanjutnya.

LSI Denny JA kemudian membuat prediksi kisaran dukungan (range) dukungan para kandidat berdasarkan hitungan plus minus margin of error (MoE) survei sebesar 3.5 %. Dengan prediksi range dukungan pasangan ODSK adalah sebesar 63.9 % - 70.9 %, range dukungan Cep-Sehan sebesar 23.4-30.4 %, dan range dukungan pasangan Vonnie-Hendry sebesar 2.2% - 9.2 %.

Pasangan Olly Dondokambey–Steven Kandouw (ODSK) diperkirakan bakal tampil sebagai pemenang Pilkada Sulut pada 9 Desember mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News