Hasil Survei SMRC: Bandingkan Elektabilitas Habib Rizieq & Puan Maharani

Hasil Survei SMRC: Bandingkan Elektabilitas Habib Rizieq & Puan Maharani
Ilustrasi - Sejumlah pencinta Habib Rizieq Shihab saat aksi di depan Balai Kota Bogor beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas sejumlah tokoh yang disebut-sebut berpeluang menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

Direktur riset SMRC Deni Irvani mengatakan pihaknya melakukan survei terhadap 1.220 responden yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah di seluruh Indonesia.

Metode survei ini dilakukan dengan wawancara secara tatap muka yang dilakukan pada 15 hingga 21 September 2021.

Elektabilitas teratas diraih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 18,1 persen, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 15,8 persen, dan Gubernur DKI 11,1 persen.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno medapat perolehan dukungan 4,8 persen dan yang lain mendapat dukungan di bawah 4 persen.

Dalam survei ini eks Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab mendapat dukungan sebesar 1,6 persen. Ketua DPR Puan Maharani hanya meraih 0,8 persen.

Sebanyak 16,3 persen responden mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

"Dari Maret 2020 ke September 2021, dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam simulasi semi terbuka meningkat dari 6,9 persen menjadi 15,8 persen, sementara dukungan kepada Prabowo cenderung melemah dari 19,5 persen menjadi 18,1 persen, dan Anies sedikit naik dari 10,1 persen menjadi 11,1 persen," tutur Deni dalam keterangannya, Kamis (7/10).

Hasil survei SMRC tentang elektabilitas calon presiden di Pilpres 2024, silakan cermati posisi Ganjar Pranowo, Habib Rizieq, Puan Maharani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News