Hasil Survei Terbaru: Anies Baswedan Meraih 52,9% dari Interwar, Apa tuh?

Hasil Survei Terbaru: Anies Baswedan Meraih 52,9% dari Interwar, Apa tuh?
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) bersama bakal capres 2024 Anies Baswedan. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan Bakal Capres 2024 Prabowo Subianto unggul di tiga kalangan kelompok usia pemilih yakni generasi Z, generasi milenial, serta baby boomers.

Pada kelompok pemilih milenial, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan tidak mampu mengalahkan Prabowo.

“Sebanyak 40,5 persen generasi Z itu memilih Pak Prabowo, termasuk generasi milenial,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube Indikator Politik Indonesia di Jakarta, Minggu (23/7).

Survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 20 hingga 24 Juni 2023 itu dilakukan dengan populasi survei yang terdiri atas warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilu, yakni mereka yang berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling yang diikuti sebanyak 1.220 responden.

Wawancara dilakukan secara tatap muka, dengan margin of error sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen

Simulasi 3 Nama Bakal Capres

Berdasarkan simulasi pilihan tiga nama capres menurut kelompok generasi, Prabowo unggul sebesar 40,5 persen di kalangan generasi Z, dan 37,1 persen di kalangan generasi milenial, serta 41,3 persen di kalangan baby boomers.

Burhanuddin menyebutkan, di kalangan generasi X dan interwar generation, Prabowo sama-sama meraih dukungan sebesar 30,2 persen.

Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia: Anies Baswedan unggul pada kelompok pemilih generasi interwar. Apa yang dimaksud interwar? simak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News