Hasil Survei Terbaru Charta Politika: 5 Parpol Lama Gagal Tembus 4 Persen

Hasil Survei Terbaru Charta Politika: 5 Parpol Lama Gagal Tembus 4 Persen
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memaparkan hasil survei terbaru terkait Pilpres 2019, Senin (25/3). Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru Charta Politika yang dirilis Senin (25/3) di Jakarta menemukan setidaknya ada lima partai politik lama yang perolehan suaranya tidak mencapai parliamentary threshold empat persen.

Yakni PPP 3,6 persen; PAN 3,2 persen; Partai Hanura 0,8 persen; PBB 0,4 persen, dan PKPI 0,3 persen.

Sedang partai baru yang kemungkinan tidak bisa mengirim kadernya duduk sebagai anggota DPR RI karena tidak tembus 4 persen yakni PSI 1,4 persen; Perindo 1,3 persen; Partai Berkarya 0,4 persen; dan Partai Garuda 0,2 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menuturkan bahwa partai besutan Megawati Soekarnoputri itu meraih 24,8 persen suara. Posisi kedua bertengger Partai Gerindra yang meraih 15,7 persen.

BACA JUGA: Survei JSI: Elektabilitas Partai Perindo 4,7 Persen per Maret 2019

"Diikuti kemudian oleh Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, Partai Nasdem dan PKS," kata Yunarto dalam paparan hasil survei bertajuk "Prediksi Hasil Akhir dan Konstelasi Isu Jelang Pemilihan Umum Serentak 2019".

Berdasar survei, Parta Golkar meraih 9,8 persen, PKB 7,2 persen. Partai Demokrat 5,1 persen. Partai Nasdem 4,9 perzen. PKS 4,1 persen.

Sedangkan yang tidak tahu atau tak menjawab 17,1 persen. Hanya saja, Yunarto menegaskan bahwa pihaknya tidak berani mengklaim partai-partai ini tidak lolos PT.

Berdasar survei terbaru Charta Politika, ada lima partai politik lama yang berpeluang tidak tembus parliamentary threshold empat persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News