Hasil Survei Terbaru: Enam Parpol Terancam Gagal ke Senayan

Hasil Survei Terbaru: Enam Parpol Terancam Gagal ke Senayan
Bendera partai politik peserta pemilu 2019. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Voxpol Center menggelar survei terkait elektabilitas partai politik peserta pemilihan umum 2019.

Temuan Voxpol Center, sebanyak tujuh partai berpeluang besar lolos ke DPR karena memiliki elektabilitas di atas empat persen sesuai ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

"Temuan kami, hanya ada tujuh partai politik yang memenuhi ambang batas parlemen empat persen. Posisi teratas masih dipegang PDIP," ucap Pangi ditemui di Jakarta, Selasa (9/4).

Hasil survei Voxpol Center, PDIP memiliki elektabilitas tertinggi dengan 24,1 persen. Berturut-turut setelah itu Gerindra (19,3 persen), Golkar (9,5 persen), PKB (6,1 persen), Demokrat (5,7 persen), Nasdem (4,3 persen), dan PAN (4,1 persen).

Sementara itu, kata Pangi, terdapat tiga partai yang berpeluang lolos ke parlemen meskipun tidak memiliki elektabilitas di bawah empat persen yakni PKS (3,9 persen), PPP (2,9 persen), dan Perindo (3,3 persen).

BACA JUGA: Hasil Survei Voxpol Center: Elektabilitas Jokowi – Ma’ruf 48,8%

Dia mengatakan, tiga partai itu wajib memaksimalkan waktu kampanye agar lolos ke parlemen. Menurut dia, waktu kampanye lebih seminggu ini cukup untuk menaikkan elektabilitas.

"Di atas kertas, tiga partai ini memang belum empat persen elektabilitasnya. Namun, mempertimbangkan margin of error, ketiganya masih berpeluang lolos," ucap dia.

Hasil survei terbaru yang dilakukan Voxpol Center, ada enam partai politik berpotensi besar gagal masuk ke Senayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News