Hasil Survei Terbaru: Jokowi – Ma’ruf di Bawah 50 Persen

Hasil Survei Terbaru: Jokowi – Ma’ruf di Bawah 50 Persen
Prabowo Subianto berjoget saat debat capres di Bidakara, Kamis (17/1) malam. Foto: Instagram prabowo

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) menyebutkan, jarak elektabilitas antara pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin dengan Prabowo - Sandiaga semakin menipis.

Jokowi - Ma'ruf mendapat elektabilitas 49 persen. Sedangkan Prabowo - Sandi 41 persen. Sedangkan yang tidak menjawab sebesar 10 persen.

"Perlahan elektabilitas pasangan Prabowo - Sandi merangkak mengejar Joko Widodo - Ma'ruf Amin dengan selisih 8 persen," ujar Direktur SPIN Igor Dirgantara di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (7/3).

BACA JUGA: Hasil Survei: Sejumlah Faktor yang Pengaruhi Pemilih Coblos Caleg Tertentu

Igor menuturkan, dengan elektabilitas ini pasangan petahana sedikit dirugikan. Sebab persaingan akan semakin ketat karena masih ada sisa masa kampanye lebih dari satu bulan ke depan.

"Dengan elektabilitas petahana di bawah 50 persen ini masih bahaya. Karena kompetisi semakin ketat," imbuhnya.

Igor menuturkan, petahana dirundung sejumlah masalah sehingga membuat gap elektabilitas menipis. Masalah terbesar yakni terkait ekonomi saat ini yang tak kunjung membaik.

"Dalam periode masa kampanye Novembar 2018 - Januari 2019 petahana seperti kehilangan momentum yang membuat kompetitornya bisa menipiskan ketertinggalan," jelas Igor.

Survei SPIN menyebutkan elektabilitas Jokowi – Ma’ruf Amin masih di bawah 50 persen, beda tipis dengan Prabowo – Sandiaga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News