JPNN.com

Hasil Survei Terbaru: PDIP Unggul Di Basis Pemilih Muslim

Rabu, 20 Februari 2019 – 16:36 WIB
Hasil Survei Terbaru: PDIP Unggul Di Basis Pemilih Muslim - JPNN.com

Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA merilis hasil survei terbarunya bertajuk Dukungan Partai dan Pergeseran Dukungan di Enam Kantung Suara, Rabu (20/2), di Jakarta.

Dalam survei tersebut, LSI Denny JA menyederhanakan pemilih Indonesia pada enam kantung suara yakni Muslim, milenial, wong cilik, emak-emak, dan terpelajar.

Untuk segmen partai, LSI membagi tiga. Yakni, partai lima besar, partai yang pernah ikut pemilu tapi tidak berada di posisi lima besar, dan partai yang baru ikut pesta demokrasi.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan partai yang paling banyak unggul atau menguasai kantung pemilih yang ada, berpotensi untuk menjadi juara Pileg 2019.

Dari kantung suara pemilih Muslim, PDIP mengungguli partai-partai peserta pemilu lainnya, termasuk yang berada di posisi lima besar.

Kantung suara pemilih Muslim dalam penelitian ini adalah 85 persen dari total 1.200 responden.

Dari 85 persen, itu PDIP unggul dari partai lainnya. "PDIP masih paling unggul dengan perolehan suara 18,4 persen," kata Rully Akbar di Jakarta, Rabu (20/2).

Partai Gerindra berada di posisi kedua dengan perolehan 16,6 persen. Partai Golkar berada di posisi ketiga 11,0 persen. Posisi keempat bertengger PKB dengan raihan 9,3 persen. Posisi kelima adalah Partai Demokrat sebanyak 5,9 persen,” katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...