Hasil Survei Terbaru: Prabowo Belum Terkejar, Makin Sangar Jika Duet dengan Ganjar

Hasil Survei Terbaru: Prabowo Belum Terkejar, Makin Sangar Jika Duet dengan Ganjar
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahan Prabowo Subianto masih memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden. Hal itu diketahui dari hasil survei yang dirilis Jaringan Survei Publik Indonesia (JSPI) kemarin, Kamis (13/1).

"Tingkat keterpilihan (elektabilitas) dengan pertanyaan setengah tertutup, publik ternyata masih memberikan kepercayaan kepada Prabowo untuk dipilih menjadi presiden bila pilpres dilaksanakan hari ini sebesar 24,5 persen," kata Manajer Riset JSPI Yuyun Andriani saat memaparkan hasil survei secara daring.

Secara umum, lanjut dia, temuan ini dapat dikatakan mengonfirmasi banyak hasil survei lainnya yang digelar sepanjang 2021, bahwa tren kecenderungan elektabilitas Prabowo masih berada di posisi teratas tiga besar.

Di posisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (13,9 persen), yang disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (13,4 persen).

"Perlu usaha yang lebih intens lagi bagi calon-calon lain tersebut untuk mempersempit jarak dengan Prabowo dan merebut posisi pertama," ujar Yuyun.

Bagi Prabowo, Yuyun melanjutkan, temuan elektabilitas di akhir tahun lalu dapat dijadikan pertanda positif bahwa probabilitasnya untuk bergerak menuju angka 30 persen di tahun ini realistis.

Namun, perlu upaya yang lebih keras memperlebar gap atau paling tidak menjaga jarak aman eletktablitas agar tidak tersalip kandidat potensial lainnya seperti Ganjar, Anies, atau Ridwan Kamil.

"Hasil survei ini juga mengonfirmasi tren umum temuan-temuan lembaga survei bahwa secara fluktuatif posisi runner up dan ketiga masih ditempati oleh Ganjar dan Anies," tutur dia.

Hasil survei terbaru menunjukkan Menteri Pertahan Prabowo Subianto masih memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News