Hasil Survei WI: Kaum Perempuan Pengin Airlangga jadi Presiden

Hasil Survei WI: Kaum Perempuan Pengin Airlangga jadi Presiden
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kian moncer di Musra Indonesia. Foto: Dok. Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Warna Institute merilis hasil survei terbaru soal preferensi kaum perempuan terhadap pilihan parpol dan tokoh sebagai calon presiden di 2024.

Direktur Executive Warna Institute Frika Faudilah mengatakan survei itu dilakukan terhadap sampel sebanyak 2.280 kaum perempuan yang sudah memiliki hak pilih atau sudah berusia 17 tahun di di 442 kabupaten dan kota di Indonesia.

"Pengambilan sampel dengan metode multistage random sampling dan survei ini memiliki tingkat kepercayaan 97 persen dengan margin of error kurang lebih 2,1 persen," kata dia dalam siaran persnya.

Frika mengatakan dalam survei yang digelar pada 17-30 Maret 2023 itu, 48,8 persen kaum perempuan menilai pejabat negara yang sangat peduli dengan perbaikan perekonomian keluarga adalah Presiden Joko Widodo.

Lalu di urutan kedua sebanyak 30,6 persen menyebut nama Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang peduli dalam pemulihan ekonomi mereka.

Perempuan juga diberikan pertanyaan apabila pemilu digelar hari ini, partai mana yang akan dipiluh. Hasilnya Golkar dipilih sebanyak 20,8 persen oleh kaum perempuan.

"Kemudian Gerindra 17,3 persen, PDIP 16,1 persen, Demokrat 10,3 persen, PKB 8,1 persen, NasDem 7,1 persen, Perindo 4,3 persen, PKS 4,1 persen, PPP 3,2 persen, PAN 2,2 persen, gabungan parpol lainnya 4,9 persen, dan tidak memilih 1,6 persen,” beber Frika.

Sementara untuk bakal calon presiden yang dipilih jika pilpres digelar hari ini, hasilnya nama Airlangga Hartarto dipilih sebanyak 32,8 persen, Prabowo Subianto 26,9 persen, Anies Baswedan 7,3 persen, Ganjar Pranowo 7,1 persen.

Airlangga Hartarto menjadi sosok yang paling dipilih kaum perempuan untuk menjadi Presiden Indonesia pada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News