Hasil Tes Bakal Diperiksa di Hari yang Sama

Hasil Tes Bakal Diperiksa di Hari yang Sama
Hasil Tes Bakal Diperiksa di Hari yang Sama
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB) akan merancang pemeriksaan hasil tes CPNS di hari yang bersamaan dengan ujian. Tujuannya, untuk mengurangi tingkat kecurangan selama seleksi CPNS.

Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN&RB Ramli Naibaho mengatakan, salah satu reformasi di bidang penerimaan CPNS adalah mengubah sistem seleksinya agar lebih transparan, objektif, dan bebas KKN. Dan cara jitu itu antara lain dengan program Computer Assisted Test (CAT). Hanya saja program ini butuh kesiapan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Di samping itu, diperlukan pula kelengkapan infrastrukturnya. "Untuk jangka pendek, sistem ini sepertinya sulit dilaksanakan. Karena itu kami mencari terobosan lain yang lebih hemat anggaran," kata Ramli, Kamis (30/12).

Cara tersebut adalah dengan menggandeng perguruan tinggi negeri (PTN) yang siap melaksanakan tes dan langsung memeriksa hasilnya. Ini agar tidak ada jeda hasil tes tidak diutak-atik oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB) akan merancang pemeriksaan hasil tes CPNS di hari yang bersamaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News