Hasto: Jangan Malu Jadi Petani

Hasto: Jangan Malu Jadi Petani
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam rangka mengatasi dampak pandemi Covid-19 khususnya di sektor pangan, maka perlu membangun road map bagi terwujudnya kedaulatan pangan.

Menurut dia, di dalam membangun kedaulatan pangan ini maka harus dimulai dengan kebijakan politik pangan yang benar.

Adapun hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara utama dalam webinar strategi ketahanan pangan Sulawesi Selatan di masa pandemi Covid-19. Turut hadir Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

"Di dalam membangun kedaulatan pangan, itu harus dimulai dengan politik pangan yang benar, politik pangan yang mengabdi bertujuan dalam bernegara, politik pangan yang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, politik pangan yang untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia agar kita tak perlu impor lagi maupun politik pangan sebagai benteng kedaulatan ekonomi," kata Hasto, Senin (1/2)

"Dengan politik pangan seperti ini, maka kebijakan fiskal, pengembangan teknologi pertanian, dan juga riset benih unggul, serta sistem distribusi yang lebih berkeadilan wajib diwujudkan. Beberapa hal strategis itulah yang dimaksudkan dengan politik pangan, dan tentunya, peningkatan kesejahteraan petani menjadi titik sentralnya," lanjut Hasto.

Hasto menegaskan, perlu mendorong daya tarik masyarakat dan para ahli untuk bergerak di sektor pertanian. Dirinya mengingatkan apa yang disampaikan oleh pendiri bangsa Bung Karno.

"Apa yang disampaikan oleh Bung Karno bahwa sektor pangan menyangkut hidup matinya negeri. Karena itulah jangan malu bagi kader-kader PDI Perjuangan membangun profesi di bidang pertanian. Jangan malu untuk menjadi seorang petani, tetapi seorang petani yang mempunyai visi untuk menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pengembangan dan peningkatan produksi pangan ini," ungkap Hasto.

Dia berharap segala upaya seperti memberikan intensif kepada para peneliti dan anak bangsa untuk mengembangkan teknologi bagi perkembangan sektor pangan.

Hasto Kristiyanto mengatakan membangun kedaulatan pangan pertanian ini maka harus dimulai dengan kebijakan politik pangan yang benar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News