Jumat, 14 Desember 2018 – 05:25 WIB

Hasto PDIP Jajal Berdiri di Kayangan Api, Nih Fotonya

Minggu, 18 November 2018 – 22:30 WIB
Hasto PDIP Jajal Berdiri di Kayangan Api, Nih Fotonya - JPNN.COM

jpnn.com, BOJONEGORO - Tak banyak orang yang tahu bahwa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ada tempat khusus yang diyakini sebagai lokasi para prajurit Kerajaan Singasari dan Majapahit diwisuda. Nama tempatnya Kayangan Api yang berlokasi di kawasan  hutan lindung Desa Sendangharjo, Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang sedang memimpin Safari Politik Kebangsaan mengunjungi Kayangan Api pada Minggi (17/11). Bupati Bojonegoro Anna Muawanah ikut menemani Hasto yang dalam kesempatan itu didampingi Ketua DPP PDIP Djarot S Hidayat.

Hasto dan Djarot pun mencoba menapak tilas proses wisuda para prajurit Singosari di Majapahit pada masa lalu. Hasto menaiki batu - batu yang terpanggang api.

Politikus asal Yogyakarta itu sempat menahan panas sambil menyatukan kedua telapak tangan di depan dadanya. "Yang diambil adalah ruhnya sehingga punya keberanian, punya api semangat," kata sekretaris jenderal Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji (Senapati) Nusantara itu.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, Kayangan Api kini menjadi salah satu situs kebudayaan yang bakal dikelola sebagai objek wisata. Karena itu dia mengharapkan Kayangan Api dipercantik. "Nanti akan dipenuhi juga dengan taman-taman bunga," ujarnya.

Sedangkan Djarot menjelaskan sisi sejarah Kayangan Api. Menurutnya, pasukan Bhayangkara dari Singasari dan Majapahit yang telah menjalani pelatihan akan dibawa ke lokasi api abadi itu untuk diwisuda.

"Coba naik ke atasnya, tak terbakar namun terasa hangat. Rasanya seperti diselimuti semangat aura api di dada. Dan itu semua untuk pengabdian ke Tanah Air. Mungkin itu juga filosofi yang hendak digunakan untuk bala tentara Bhayangkara zaman dulu," kata Djarot.

Bupati Anna menambahkan, nanti di Kayangan Api akan fasilitas untuk bersemedi. dibangungatakan pihaknya akan melengkapi lokasi itu dengan tempat untuk bersemedi. Selain itu, di sekitar Kayangan Api juga akan dilengkapi wahana olahraga alam.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar