Hasto Persoalkan Larangan Kampanye Pilpres di Pesantren

Hasto Persoalkan Larangan Kampanye Pilpres di Pesantren
Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang juga sekretaris Tim Kampanye Jokowi - Ma'ruf di Jakarta, Sabtu (1/9). Foto: TKN Jokowi-Ma'ruf for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi - Ma'ruf) Hasto Kristiyanto mempersoalkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang melarang kampanye di pesantren. Menurut Hasto, larangan itu sangat tidak tepat karena sama saja melarang Kiai Ma’ruf yang notabene ulama menyambangi pesantren.

Hasto mengatakan, Kiai Ma’ruf tentu punya jaringan luas di kalangan utama dan pesantren. "Ya, namanya kiai. Kalau kami lihat aturan itu harus melihat relevansinya," kata Hasto di Jakarta, Rabu (10/10).

Sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu menambahkan, yang perlu dilarang dan ditindak adalah kampanye di tempat ibadah. Menurutnya, hal itu marak terjadi.

"Itu tidak diambil tempat yang tegas. Jadi membuat aturan itu harus sesuai bagaimana aturan dalam praktik," kata Hasto.

Hasto menambahkan, KPU seharusnya lebih menekankan pelarangan politik uang dan penggunaaan fasilitas negara. Sebab, Hasto memastikan pihaknya akan menghindari dua hal yang mengganggu proses demokrasi itu.

"Tetapi ketika seseorang datang dalam komunitas rakyat di situ, ya itu seharusnya ruang yang kami ini sama-sama dewasa menetukan boleh atau tidak," tandas Hasto.(tan/jpnn)


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai larangan bagi capres ataupun cawapres berkampanye di pesantren tidak tepat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News