Hasto Sebut PDIP Banyak Melahirkan Pemimpin Muda yang Bukan dari Kalangan Bangsawan

Hasto Sebut PDIP Banyak Melahirkan Pemimpin Muda yang Bukan dari Kalangan Bangsawan
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Dokumen DPP PDIP

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut parpolnya terbiasa menghadirkan para pemimpin muda yang berasal dari rakyat. 

Hasto kemudian menyebut salah satunya ialah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang bukan berasal dari kalangan bangsawan. 

"Banyak pemimpin-pemimpin muda yang lahir di PDI Perjuangan, Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya, red) itu bukan dari keluarga bangsawan," kata Hasto saat menghadiri acara Ngorol Bareng Sekjen (Ngobras) di kantor DPC PDIP Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1). 

Selain itu, dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu menyebut nama Joko Widodo atau Jokowi juga bukan dari kalangan bangsawan, tetapi mampu menjadi Presiden Ketujuh RI. 

"Dicalonkan oleh Bu Mega menjadi wali kota (Solo, red), jadi wali kota berhasil. Belum dua periode, ada aspirasi menjadi gubernur (DKI Jakarta, red). Gubernur belum 2 periode, menjadi capres dan terpilih," ungkap Hasto. 

Namum, kata alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, Jokowi bisa menjadi presiden karena menjalani proses politik berjenjang di PDIP. 

"Pak Jokowi itu, kan, lahir dari PDI Perjuangan. Kalau enggak dari PDI Perjuangan, bagaimana bisa jadi presiden?" ucapnya. 

Selain Eri Cahyadi dan Jokowi, Hasto juga bercerita soal Mochammad Nur Arifin yang mampu menjadi Bupati Trenggalek meskipun dari pedagang asongan. 

Hasto menyebut PDIP banyak melahirkan pemimpin yang bukan dari kalangan bangsawan. Mereka antara lain Jokowi dan Eri Cahyadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News