Hasto Sebut Semangat Nyepi Jaga Keseimbangan Alam dan Kehidupan

Hasto Sebut Semangat Nyepi Jaga Keseimbangan Alam dan Kehidupan
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Caka 1944 kepada seluruh umat Hindu.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan semangat Nyepi menjaga keseimbangan alam dan kehidupan.

“Nyepi dengan seluruh suasana kebatinan untuk melakukan tapa brata merupakan landasan perilaku membangun karakter bangsa yang sangat penting yang penuh dengan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, dan keadilan dengan memperhatikan keseimbangan alam raya," kata Hasto dalam siaran pers, Kamis (3/3).

Hasto menilai konsepsi kebahagiaan dalam khasanah spiritualitas bangsa, menempatkan proses refleksi melihat ke dalam agar bisa menjalankan tanggung jawab. Termasuk di dalam menjaga keseimbangan kehidupan yang dilakukan dengan mengistirahatkan bumi.

Nyepi dengan demikian makin membuktikan bahwa nusantara, Indonesia merupakan negeri spiritual. Di sinilah spiritualitas nusantara menjadi daya dorong proses akulturasi kebudayaan, di mana peradaban lahir sebagai dialektika peradaban nusantara, agama, dunia, dan ke semuanya tidak terlepas dari kondisi geografis Indonesia," kata dia.

Hasto juga menyatakan Nyepi merupakan momentum melawan hawa nafsu dan mengistirahatkan bumi. "Kemudian bangsa Indonesia terus mencari inspirasi bagi kemajuan pertiwi," tandas Hasto.(tan/jpnn)

Bagi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Nyepi merupakan momentum untuk melawan hawa nafsu dan mengistirahatkan bumi. Semangat Nyepi juga bisa menjaga keseimbangan alam dan kehidupan.


Redaktur : Friederich
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News