Hati-Hati Ada Krim Perawatan Kulit Kedaluwarsa 

Hati-Hati Ada Krim Perawatan Kulit Kedaluwarsa 
Razia kosmetik kedaluwarsa di pasar. Foto: JPG

jpnn.com, SURABAYA - Wajah para pedagang di Pasar Asemrowo, Surabaya terlihat bingung saat polisi dan beberapa orang lainnya mendatangi lapak mereka.

Mereka juga tidak bisa berbuat banyak ketika polisi yang ditemani anggota Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan Dinas Kesehatan Kecamatan Asemrowo memelototi komposisi serta tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan produk-produk yang dijual.

Sidak yang berlangsung sejak pagi tersebut merupakan kegiatan antisipasi untuk menyambut datangnya Ramadan. Para petugas mendapatkan hasil yang cukup banyak. 

Total ditemukan 34 jenis barang yang sudah kedaluwarsa dan masih terpajang. Mayoritas merupakan produk makanan dan minuman.

Ratusan sachet bahan makanan dan minuman ditemukan kedaluwarsa sejak tiga bulan lalu.

Bukan hanya bahan makanan dan minuman, beberapa sampo, sabun mandi cair, pengharum pakaian, detergen, sampai cairan pembersih lantai juga masih dijual meski tanggal kedaluwarsanya sudah lewat. 

Yang lebih parah, ada beberapa produk skin care atau perawatan kulit yang telah mencapai batas kedaluwarsa sejak tahun lalu, tetapi masih di-display.

Setelah dari pasar tradisional, para petugas bergeser ke pasar modern atau yang lebih akrab disebut minimarket.

Masyarakat diingatkan agar lebih teliti tanggal kedaluwarsa saat membeli kosmetik termasuk krim perawatan kulit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News