Hati-Hati, Azzurri!

Hati-Hati, Azzurri!
Hati-Hati, Azzurri!
LJUBIJANA - Italia memang masih memimpin klasemen sementara grup C kualifikasi Euro 2012. Meski begitu, perjalanan Gli Azzurri-julukan Italia di ajang ini tak terlalu mulus. Pada putaran terakhir kualifikasi Oktober 2010, anak asuh Cesare Prandelli itu hanya bisa bermain imbang tanpa gol lawan Irlandia Utara. Italia memang menang 3-0 atas Serbia. Tapi, kemenangan itu sendiri adalah "hadiah" dari UEFA karena suporter lawan membuat kerusuhan.

Di luar kualifikasi, Italia juga belum menunjukkan performa yang meyakinkan.  Dalam tiga laga uji coba terakhir, mereka tak pernah menuai kemenangan. Setelah kalah 0-1 dari Pantai Gading (10 Agustus 2010), sebulan kemudian mereka hanya bisa bermain seri 1-1 lawan Rumia. Berikutnya, pada 9 Februari lalu Italia juga hanya bermain seri 1-1 lawan Jerman.

Nah, dengan grafik penampilan semacam itu, wajar jika banyak yang mengingatkan agar Gli Azzurri lebih berhati-hati ketika melawat ke Ljubijana dini hari nanti. Sebab, Slovenia saat ini menempel ketat posisi Gli Azzurri di klasemen sementara. Slovenia telah mengumpulkan tujuh poin, atau tertinggal tiga poin di belakang Italia. Jelas, mereka akan memforsir kemenangan agar bisa menyamai perolehan poin rivalnya itu.

Rekor pertemuan juga menunjukkan, kalau Slovenia kerap merepotkan Italia. Dalam lima kali duel, Slovenia menang dua kali di uji coba 2002 dan kualifikasi Piala Dunia 2006. "Tidak ada tim yang difavoritkan. Karena kami akan menghadapi tim dari negara-negara yang sedang bangkit seperti Slovenia.  Mereka memiliki banyak pemain berkualitas," kata Gianluigi Buffon, kiper Italia kepada Goal.

LJUBIJANA - Italia memang masih memimpin klasemen sementara grup C kualifikasi Euro 2012. Meski begitu, perjalanan Gli Azzurri-julukan Italia di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News