Hati-hati, Masih Ada Oknum Dokter Nakal

Genjot Penghasilan Dengan Menipu Pasien

Hati-hati, Masih Ada Oknum Dokter Nakal
Hati-hati, Masih Ada Oknum Dokter Nakal
JAKARTA - Pasien Indonesia harus semakin pintar. Sebab, oknum dokter nakal masih bergentayangan di republik ini. Jangan dikira deretan resep yang diberikan oleh dokter benar-benar dibutuhkan untuk kesembuhan. Sebaliknya, itu hanya akal-akalan dokter untuk mengeruk penghasilan tinggi.

 

Perilaku nakal dokter ini disampaikan oleh guru besar Fakltas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Hasbullah Thabrany dalam diskusi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) di Jakarta, Senin (9/1).

 

Pria yang akrab disapa Jack Bhull itu menuturkan, perilaku nakal dokter ini diantaranya disebabkan oleh kesenjangan tarif dan penghasilan dokter. "Peluang dokter untuk melakukan moral hazard bahkan fraud (penipuan) sangat besar," tandas Hasbullah.

Dia menandaskan, persoalan kesenjangan tariff dan penghasilan dokter menjadi salah satu pemicu perilaku dokter tadi. Hasbullah mencontohkan, dia pernah berdiskusi dengan salah satu mantan direktur rumah sakit pemerintah.

JAKARTA - Pasien Indonesia harus semakin pintar. Sebab, oknum dokter nakal masih bergentayangan di republik ini. Jangan dikira deretan resep yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News