Hatta Soroti Pembangunan Tak Terencana di Puncak

Hatta Soroti Pembangunan Tak Terencana di Puncak
Hatta Soroti Pembangunan Tak Terencana di Puncak
JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, salah satu cara mengatasi banjir adalah dengan membenahi infrastruktur Banjir Kanal Timur (BKT). Ia mengajak masyarakat untuk membiasakan diri tidak membuang sampah sembarang di BKT maupun di tempat aliran sungai lainnya.

"Mengajak masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan. Ini bagian pekerjaan besar. Jangan dianggap enteng, buktinya, BKT cepat sekali tersedimentasi (pengendapan, red). Hampir sebagian besar hambatan air karena masalah sampah," ujar Hatta di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (18/1).

Menurutnya, pembangunan yang pesat di DKI dan sekitarnya berpengaruh pada munculnya banjir. Terutama pembangunan perumahan baik yang terencana dan tidak terencana. Perumahan tidak terencana, sambungnya, paling banyak dilakukan di wilayah Puncak dan Bogor. Akibatnya, semakin berkurang kawasan pepohonan yang dapat menahan curah hujan yang besar.

"Kawasan atas (Puncak) juga rusak. Tingkat kerusakannya di tahap kritis air pun cepat bergerak mengalir, tidak terserap," lanjut Hatta.

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, salah satu cara mengatasi banjir adalah dengan membenahi infrastruktur Banjir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News