HB X Jadi Gubernur DIY Lagi, DPRD Berterima Kasih ke Jokowi

HB X Jadi Gubernur DIY Lagi, DPRD Berterima Kasih ke Jokowi
Presiden Joko Widodo saat melantik Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY periode 2017-2022 di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/10). Foto: Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah secara resmi Sultan Hamengkubuwono X dan Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2017-2022. Pelantikan digelar di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/10) berdasar Keputusan Presiden Nomor 107/P Tahun 2017.

Sebelum pelantikan digelar, ada prosesi unik. Presiden Jokowi bersama Sultan HB X, PA X dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melakukan kirab dengan kawalan Paspampres dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Selanjutnya, Presiden Jokowi memandu Sultan HB X dan PA X mengucapkan sumpah sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY periode 2017-2022. Pengucapan sumpah dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Sultan HB X yang ditemui usai pelantikan mengatakan bahwa dirinya bersama PA X akan tetap menyampaikan visi dan misinya di depan sidang paripurna DPRD DIY dalam waktu dekat. Menurutnya, kini saatnya Yogyakarta juga peduli pada sektor kelautan.

"Bagaimana visi misi yang sudah disampaikan bahwa Yogya ini sekarang pintunya menghadap ke selatan, dalam arti memprioritaskan Samudra Indonesia, Samudra Hindia bisa menjadi kekuatan baru bagi masyarakat Yogya," ucap Sultan.

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu menambahkan, DIY bukanlah provinsi dengan wilayah luas. Karena itu, ketersediaan tanah pun sangat terbatas sehingga tidak mungkin bicara sektor pertanian sebagai kekuatan baru.

"Jadi kami mencoba pantai selatan jadi kekuatan baru, sesuai dengan strategi maritim kami garap pengembangan bahari," tegasnya.

Dia menambahkan, pengembangan sektor bahari tidak sekadar membangun infrastrukturnya. Sebab, hal itu juga terkait upaya membangun masyarakat berbudaya maritim.

Pelantikan Dwitunggal Sultan HB X dan PA X sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY 2017-2022 diharapkan akan membuat rakyat Yogyakarta makin sejahtera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News