Resmi, Duet Sultan dan Paku Alam Pimpin DIY Lagi

Resmi, Duet Sultan dan Paku Alam Pimpin DIY Lagi
Presiden Joko Widodo bersama Sultan HB X, Paku Alam X dan Mendagri Tjahjo Kumolo saat berkirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara, Selasa (10/10). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Pakualam X secara resmi kembali memimpin Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk periode 2017-2022. Selasa (10/10) sore, Presiden Joko Widodo melantik duet Sultan HB X dan PA X sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY di Istana Negara Jakarta.

Pelantikan itu berdasar Keputusan Presiden RI Nomor 107P/2017. Sebelum prosesi pelantikan, Sultan HB X dan PA X terlebih dahulu menerima petikan SK dari presiden yang akrab disapa dengan panggilan Jokowi itu di Istana Merdeka.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama Sultan HB X, PA X dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melakukan kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Ada Paspampres yang ikut mengawal Presiden Jokowi, Sultan HB X, PA X dan Tjahjo saat kirab menuju Istana Negara.

Selanjutnya, prosesi pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah. Presiden Jokowi memandu Sultan HB X dan PA X mengucapkan sumpah.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," ucap Sultan dan Pakualam dipandu Jokowi saat pengucapan sumpah jabatan.

Hadir pada acara itu Ibu Negara Iriana, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Menteri Sekretaris Negara Prarikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menseskab Pramono Anung dan para pejabat lainnya.(fat/jpnn)


Sri Sultan HB X dan Paku Alam X telah mengucap sumpah sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY untuk periode 2017-2022.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News