HCML Fokus Kejar Target

HCML Fokus Kejar Target
Ilustrasi. FOTO : dok Jawa Pos

jpnn.com - Di bawah arahan SKK Migas, Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) terus berupaya bisa memenuhi target produksi pertama gas dan minyak dari lapangan BD pada kuartal I tahun 2017 ini.

Lapangan BD sebagai bagian dari Blok Husky Madura Strait terletak di lepas pantai Selat Madura, Jawa Timur, 65 kilometer sebelah timur Surabaya dan 16 kilometer sebelah selatan pulau Madura. Sumur-sumur gas Madura BD tepatnya ada di sekitar area kepulauan Mandangin, lepas pantai Selat Madura.

Lapangan pengembangan ini merupakan lapangan lama dan diharapkan akan menghasilkan 442 BCF (Billion Cubic Feet) Gas Bumi dan 18,7 MMBLKondesat selama 13 tahun.

"Produksi pertama diharapkan pada kuartal I tahun 2017. Kami sedang bekerja keras untuk mencapai target itu," kata Head Of Relation HCML, Hamim Tohari.

Untuk produksi awal, tambah dia, akan menghasilkan gas sebanyak 100 juta kaki kubik per hari dan 6.000 barel perhari kondesat.

Ditambahkan, dalam pengembangan Lapangan BD ini  HCML menggunakan anjungan lepas pantai (offshore platform) produksi PT PAL yang berpusat di Surabaya. Anjungan lepas pantai itu telah terpasang di kedalaman laut  55 meter.

Proyek pembangunan anjungan lepas pantai ini diperoleh PT PAL setelah mereka memenangkan tender khusus proyek lepas pantai "Engineering Procurement Construction and Installation/EPCI" Madura BD. "Kami bangga karena bisa menggunakan anjungan lepas pantai produksi PT PAL," katanya.

Ditambahkan, penggunaan anjungan lepas pantai produksi PT PAL merupakan wujud komitmen HCML dalam mendukung usaha SKK Migas untuk terus meningkatkan persentase TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan mendukung perkuatan industri nasional dalam kegiatan operasinya. (jpnn/pda)


Di bawah arahan SKK Migas, Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) terus berupaya bisa memenuhi target produksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News