Hebat, PDAM Surabaya Segera Wujudkan Air Siap Minum

Hebat, PDAM Surabaya Segera Wujudkan Air Siap Minum
Dirut PDAM Surabaya Mujiaman. FOTO : Dok Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Sesuai namanya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) seharusnya menyediakan layanan air siap konsumsi. Nah, kini PDAM Surya Sembada berupaya mewujudkan hal tersebut. Bukan seperti selama ini, air yang didistribusikan kepada warga hanya layak untuk mandi. 

Untuk kepentingan itu, PDAM Surya Sembada kawasan Ngagel Tirto dijadikan pilot project. Saat ini detail engineering design sedang diselesaikan. Jika sukses, program tersebut bakal dikembangkan ke perumahan dan apartemen yang tersebar di Surabaya.

Ngagel Tirto ditunjuk lantaran lokasinya dekat dengan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Ngagel. Nanti ada 300 pelanggan yang menerima layanan istimewa siap minum tersebut.

Dirut PDAM Mujiaman mengatakan bahwa layanan tersebut akan menjadi yang pertama di Indonesia. "Sepengetahuan saya, di Indonesia belum ada layanan air minum yang sampai ke pelanggan," jelas alumnus Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Mujiaman menargetkan, layanan tersebut bisa dirasakan pada awal tahun depan. Pilot project itu akan menjadi bahan evaluasi sebelum diterapkan secara meluas. 

Mujiaman menjelaskan, tugas paling berat dalam program itu adalah meyakinkan masyarakat. Maklum saja, bahan baku air siap minum tadi tetap berasal dari Kali Surabaya. Secara kasatmata, masih banyak tumpukan sampah di anak Sungai Brantas itu. Belum lagi, banyak jamban di sepanjang sungai. Terutama di daerah Karang Pilang. "Nah, itu harus diselesaikan. Tugas kami nanti meyakinkan masyarakat bahwa air tersebut sudah steril," jelas pria yang pernah mengabdi di perusahaan pengolahan air milik Bill Gates, Eco Lab, selama 20 tahun itu.

Menurut dia, air yang diproduksi PDAM sebenarnya sudah siap minum. Ada laboratorium khusus yang menguji kandungan air. Namun, sebelum sampai kepada pelanggan, air itu melewati puluhan kilometer pipa. Beberapa pipa mengalami kebocoran. Karena itu, air belum tentu steril saat tiba di pelanggan. Bahkan, banyak pipa untuk mendistribusikan air tersebut yang sudah termakan usia alias berkarat.

Untuk membuat layanan air siap minum itu, air akan dialirkan melalui saluran khusus. PDAM bakal menggunakan pipa food grade. Dengan begitu, air yang sampai kepada pelanggan dipastikan tetap steril tanpa perlu dimasak.

Sesuai namanya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) seharusnya menyediakan layanan air siap konsumsi. Nah, kini PDAM Surya Sembada berupaya mewujudkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News