Hebat, Taryan Dedikasikan Hidupnya Untuk Mengurus ODGJ

Hebat, Taryan Dedikasikan Hidupnya Untuk Mengurus ODGJ
Ketua Yayasan Belajar Bersama Taryan berkunjung di Desa Cibanteng, Kecamatan Parungponteng, Tasikmalaya, Jawa Barat untuk melihat orang yang dipasung akibat gangguan jiwa atau dikenal dengan istilah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, TASIKMALAYA - Tepat pukul 10 pagi, Taryan, 52 tahun, menginjakkan kakiknya di Pool Bus Budiman, Tasikmalaya.

Setelah menempuh perjalanan 100 Km lebih dari kota Bandung asalnya, Taryan masih harus melanjutkan perjalanan menuju Desa Cibanteng, Kecamatan Parungponteng untuk merespons kasus adanya pemasungan di daerah tersebut.

Sejak tahun 2014, Taryan disibukkan dengan kegiatan sebagai Ketua Yayasan Belajar Bersama yang bergerak di bidang sosial dalam penangangan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) baik yang mengalami pemasungan maupun yang ditelantarkan.

“Saya mengurus pasien ODGJ dari yang tidak memiliki jaminan kesehatan, lobi dengan pihak rumah sakit maupun edukasi dengan pihak desa dan keluarga,” ujar Taryan saat ditemui di Desa Cibanteng.

Penanganan ODGJ, menurut Taryan, memerlukan tindakan yang sangat serius dan tidak boleh dipandang sebelah mata. Mulai dari visitasi dan pembinaan keluarga pasien, lingkungan sekitar maupun pasca-keluar dari rumah sakit jiwa ataupun Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) milik Kementerian Sosial RI (Kemensos).

Pelayanan Taryan di bidang sosial penanganan ODGJ bermula saat dirinya dan istri menonton berita di televisi terkait adanya puluhan warga di sebuh desa yang mengalami gangguan jiwa.

Saat itu hatinya tergerak dan langsung melakukan visitasi ke desa tersebut. Saat itulah pelayanan sosial Taryan dimulai.

Respons Cepat

Sejak tahun 2014, Taryan sebagai Ketua Yayasan Belajar Bersama bergerak di bidang sosial menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News