Hebat ya Fasilitas Latihan TNI AU ini

Hebat ya Fasilitas Latihan TNI AU ini
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo ketika melakukan kunjungan kerja ke Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) meninjau latihan bersama TNI AU dan AU Amerika Serikat. ANTARA/HO-Humas Pemrov Riau

jpnn.com, PEKANBARU - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meminta agar pelaksanaan latihan bersama TNI AU dengan Amerika Serikat di tahun mendatang mempertimbangkan berbagai materi di antaranya air refueling yang menggunakan pesawat tanker.

Marsekal Fadjar meminta hal tersebut saat meninjau pelaksanaan latihan bersama TNI AU dengan United State (US) Pacific Air Force (PACAF) Amerika Serikat, Sandi Cope West 2021 di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Jumat (25/6).

"Pelaksanaan latihan Cope West pada tahun berikutnya diharapkan agar direncanakan dengan mempertimbangkan berbagai platform lainnya, salah satunya adalah materi air refueling yang menggunakan pesawat tanker," ujar KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam keterangannya.

KSAU juga meminta para penerbang menjadikan latihan tersebut kesempatan guna meningkatkan kemampuan, termasuk juga dalam membina penerbang-penerbang muda TNI AU yang butuh pengalaman dalam melaksanakan suatu misi operasi udara.

KSAU juga meninjau ruang Base Central Debrief System (BCDS).

BCDS merupakan fasilitas latihan yang berfungsi memantau seluruh pergerakan pesawat saat melaksanakan latihan pertempuran di udara.

Di antaranya, memantau saat pesawat melaksanakan penembakan, menggunakan roket, bom, dan melihat akurasi dari hasil penembakan tersebut.

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro menjelaskan bahwa BCDS juga mampu menampilkan secara audio visual saat pesawat sedang melaksanakan latihan pertempuran udara secara real time.

Fasilitas latihan yang digunakan pada latihan bersama TNI AU dengan PACAF sangat modern, banyak kelebihannya.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News