Heboh UTBK di USU Diwarnai Kecurangan, Pihak Bimbel Bantah Semua Tudingan

Heboh UTBK di USU Diwarnai Kecurangan, Pihak Bimbel Bantah Semua Tudingan
Ilustrasi peserta UTBK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Beredarnya berita terkait praktik kecurangan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Sumatera Utara beberapa hari terakhir, menjadi bahasan serius bagi berbagai pihak, termasuk pihak bimbingan belajar yang dituding menjadi pelaku kecurangan.

Dalam hal ini, Direktur pusat bimbingan belajar Einstein Medical Rochmat Sukur menjelaskan, pihaknya tidak pernah melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya negatif dalam memberikan pembelajaran kepada murid-murid yang ada di bimbelnya terutama soal praktik kecurangan UTBK.

Rochmat menambahkan, dalam melakukan pembelajaran pendidikan, pihak selalu menggunakan metode-metode pembelajaran yang efektif esfisien dengan didampingi oleh para pengajar yang telah tersertifikasi nasional bahkan internasional.

"Tidak benar itu kita melakukan hal-hal yang diluar norma dan kaidah yang dapat mencederai pendidikan di negara ini. Selama ini, dengan tenaga pengajar yang profesional yang minimal standar juara olimpiade science nasional, kita selalu mengajarkan kepada para murid-murid yang ada untuk selalu jujur dan percaya akan kemampuan sendiri dalam menghadapi sebuah ujian," ujarnya saat dijumpai di Jakarta Utara, Sabtu (13/5).

Sementara itu, terkait dengan adanya pengakuan dari 7 (tujuh) peserta UTBK yang diduga melakukan praktik kecurangan, dirinya akan mengecek apakah benar mereka benar merupakan murid di bimbel einstein medical.

Tak hanya itu, pihaknya saat ini juga telah membentuk tim khusu untuk melakukan audit dan investigasi secara menyeluruh di semua lini terkait adanya tudingan memasang alat perekam.

"Nah kalau soal itu (peserta), saat ini saya sedang melakukan koordinasi dengan manajemen apakah benar itu siswa kita, selain itu saya juga bersama para jajaran direksi juga membentuk tim untuk melakukan audit dan investigasi ke semua lini terkait pemasangan alat perekam seperti yang dituduhkan oleh pihak USU selama ini," tutupnya. (dil/jpnn)

Beredarnya berita terkait praktik kecurangan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Sumatera Utara beberapa hari terakhir menjadi bahasan serius


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News