Heikal Safar: Semoga Indonesia Mampu Kendalikan Perubahan Globalisasi di 2023

Heikal Safar: Semoga Indonesia Mampu Kendalikan Perubahan Globalisasi di 2023
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Heikal Safar. Foto: dok HS

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Rekonsiliasi Masyarakat Indonesia (Sekjen Rekat Indonesia) Heikal Safar menyampaikan pernyataan refleksi akhir 2022 dan tahun baru 2023 dalam jumpa pers bersama awak media massa  di kantornya Seputar Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Sabtu (31/12).

Dalam pernyataannya, Heikal mengatakan masyarakat dunia saat ini telah menjadi korban dari perubahan globalisasi termasuk bangsa Indonesia. 

"Sudah seharusnya kita manusia sebagai insan pemilik perubahan dan pengendali perubahan yang rahmat lil'alamin  karena sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum atau bangsa di dunia ini, selain diri kita sendiri yang mempunyai niat yang ikhlas untuk hidup berubah. Jika kita kaitkan dengan  refleksi akhir 2022 dan tahun baru 2023 ini bahwa di dunia yang fana ini tidak ada yang tetap, yang tetap adalah perubahan," ujar Heikal.

Heikal Safar mengungkapkan  bangsa yang hebat adalah yang  bisa menyesuaikan  dan beradaptasi dengan perubahan, ruang dan waktu. 

Bangsa-bangsa di seluruh dunia dan khususnya bangsa  Indonesia, tuturnya, tidak bisa lepas dari arus pengaruh perubahan globalisasi yang dampaknya sangat terasa.

Di antaranya akibat adanya pandemi Covid-19, perang Rusia dan Ukraina hingga perang dagang Amerika dengan China

Oleh karena itu, Heikal mengingatkan semua elemen masyarakat bahwa Indonesia memiliki modal dasar yang cukup kuat untuk merespons tantangan kedepan di  2023. 

Dia menegaskan tahun depan masih berselimut ketidakpastian akibat faktor geopolitik, sektor keuangan global yang masih sarat masalah hingga potensi ancaman dari tingginya inflasi di sejumlah negara. 

Masyarakat dunia saat ini telah menjadi korban dari perubahan globalisasi termasuk bangsa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News